loading...
Oleh: Dedi Harmoko
Pra Pendahuluan
-
Persiapan guru
(setting meja, persiapan materi, persiapan diri)
-
Persiapan
kelas (tempat duduk siswa, kebersihan, ventilasi)
-
Persiapan
siswa (absensi, keadaan siswa, persiapan alat tulis, persiapan diri siswa)
-
Guru mengatakan bahwa akan diadakan test pada akhir pembelajaran.
A.
Kegiatan
Pendahuluan (5 menit)
Motivasi dan Apersepsi
-
Guru membawakan sampel air got/selokan dan air sumur
§ Siswa ditanya (2), manakah yang
termasuk air yang tercemar dan mana pula yang tidak tercemar.
§
Siswa ditanya (2) tentang
perbedaan air tercemar dan tidak tercemar.
-
Guru
membawakan sampah organik dan anorganik (kantong plastik,
kertas, daun tumbuhan)
§
Siswa dipanggil (1) untuk
memisahkan dan membedakan antara keduanya.
NB : Jumlah siswa yang terlibat
aktif (5)
B.
Kegiatan
Inti (60 menit)
1.
Guru mencatat judul Pencemaran
Lingkungan Akibat Aktivitas Manusia
2.
Guru menanyakan pada siswa (3)
tentang arti pencemaran.
3.
Guru menanyakan pada siswa (2)
tentang arti polusi dan polutan.
4.
Guru membenarkan dan mencatat
pengertian umumnya.
5.
Guru melakukan flash back perbedaan
antara lingkungan alami dan tercemar seperti yang disinggung di pendahuluan.
6.
Guru menanyakan siapa siswa yang
sedang sakit atau setidaknya yang pernah sakit.
7.
Guru menganalogikan siswa yang
sakit sebagai lingkungan tercemar dan siswa yang sehat sebagai lingkungan
alami.
8.
Guru meminta siswa (2) mengambil
kesimpulan perbedaan antara lingkungan alami dan lingkungan tercemar kemudian membenarkan jawaban siswa.
9.
Guru menanyakan pada siswa (2)
tiga macam pencemaran.
10.
Guru mencatat dipapan tulis
macam-macam pencemaran.
11.
Flash Card tentang pencemaran air, tanah dan udara.
-
Gambar diacak, ditaruh diatas
kursi didepan kelas.
-
Siswa dipanggil (3) untuk memilih
gambar mana yang termasuk pencemaran air, tanah, dan udara. Yaitu siswa yang :
§
Ribut dengan temannya
§
Siswa dibelakang
§
Terlihat mengantuk
-
Ada 3 kursi yang masing-masing
untuk pencemaran (dibuat labelnya).
-
Setiap siswa memilih, ditunjukkan
pada semua temannya. Dan diletakkan pada kursi yang sesuai. Kemudian yang sudah
langsung kembali ke tempat duduknya.
-
Siswa lain diminta diam dan tidak
memberi tahu.
-
Siswa lain (3) ditunjuk satu-satu
untuk menjawab salah atau benar kemudian menjelaskan alasannya. Yaitu siswa
yang :
§
Masih ribut dengan temannya
§
Siswa dibelakang
§
Masih terlihat mengantuk
-
Guru membetulkan jawaban dan
mencatat di papan tulis.
12.
Siswa yang lain (3) diminta untuk
mencari sumber pencemaran lain selain pada gambar.
13.
Guru membenarkan jawaban,
menjelaskan akibatnya secara global dan mencatatnya.
14.
Guru membagikan artikel bergambar
tentang issue lingkungan kepada 5 kelompok.
15.
Guru meminta perwakilan kelompok
memberikan argumen dan solusi dari masalah tersebut.
16.
Siswa yang lain (3) diminta
beragumentasi untuk penyebab masalah tersebut (dari aktivitas manusia).
17.
Guru menambahkan kekurangnya dan
mencatatnya.
18.
Siswa yang lain (3) diminta untuk
mencari solusi tentang masalah tersebut.
19.
Guru menambahkan solusi lain dan
mencatatnya.
NB : Jumlah siswa yang terlibat
aktif (24)
C.
Kegiatan
Penutup (15 menit)
1.
Guru
membimbing siswa merangkum materi pelajaran hari itu.
2.
Guru
menguatkan arti pentingnya menjaga lingkungan.
3.
Guru
memberikan tugas rumah per kelompok kerja :
Siswa diminta untuk melihat sampah-sampah yang
ada dirumah mereka masing-masing.
- Kumpulkan
dan pisahkan antara sampah organik dan anorganik.
- Masing-masing
sampah dicatat dan dibuat barang daur ulang dari sampah tersebut. Sampah boleh
jenis apa saja.
- Hasil
daur ulang dikumpulkan minggu depan untuk dinilai oleh Guru.
loading...
Berikan komentar Anda untuk kebaikan Kita bersama
EmoticonEmoticon