Senin, 09 Juli 2012

Merasa Kantuk Sehabis Makan

loading...
Mengapa jika mengantuk kita akan menguap? Dan mengapa setiap selesai makan kita merasa mengantuk? Apa sebenarnya kantuk itu?


Kantuk adalah sinyal yang diberikan oleh tubuh kita karena suplai oksigen dalam tubuh, terutama suplai ke otak berkurang. Karena itulah jika kita mengantuk, maka kita akan menguap. Menguap merupakan usaha yang dilakukan tubuh untuk memasukkan oksigen lebih banyak. Umumya, setiap habis makan orang akan merasa mengantuk. Hal ini karena makanan yang dimakan, terutama yang mengandung karbohidrat, di dalam tubuh akan dipecah untuk menghasilkan energi melalui proses respirasi. Pemecahan sari makanan ini memerlukan oksigen, seperti yang ditunjukkan dalam reaksi berikut: 
Dari reaksi tersebut, nampak jelas bahwa oksigen diperlukan dalam proses pembakaran karbohidrat yang kita makan. Karena oksigen disibukkan dengan proses pembakaran karbohidrat tersebut, maka suplai oksigen ke otak menjadi berkurang dan akhirnya muncullah kantuk. Jika yang kita makan banyak mengandung lemak, maka akan lebih banyak diperlukan oksigen untuk membakarnya. Oleh karena itulah makan nasi goreng lebih cepat mengantuk dibandingkan dengan makan nasi biasa.
Adakah cara untuk melawan rasa kantuk? Rasa kantuk merupakan sinyal tubuh yang memerintahkan tubuh untuk beristirahat. Namun, jika tugas untuk besok pagi masih menumpuk, maka tidur merupakan pilihan yang mengerikan. Dari penjelasan di atas sudah kita ketahui bahwa oksigen memiliki pengaruh besar terhadap proses mengantuk. Oleh karena itu, jika kita mulai mengantuk, maka percepatlah frekuensi pernapasan. Caranya adalah dengan menarik napas lebih dalam dan dalam tempo yang agak lebih cepat. Selain itu, minumlah lebih banyak air putih. Bagaimana jika meminum kopi atau energy drink? Kopi dan energy drink masing-masing memiliki bahasan tersendiri dalam blog ini.
Berhubungan dengan mengantuk, ada anggapan bahwa makan kangkung dapat menyebabkan mengantuk. Jadi, bagaimana dengan bagi yang suka kangkung? Tentunya bagi penggemar kangkung akan menjadi ragu memakan kangkung jika ia tidak sedang ingin tidur. Tetapi jangan khawatir, ada tips makan kangkung tetapi tidak menyebabkan kantuk. Caranya adalah saat makan kangkung, makan juga bagian batangnya. Bagian batang inilah yang dipercaya dapat menetralisir mengantuk setelah memakan kangkung.
loading...

Berikan komentar Anda untuk kebaikan Kita bersama
EmoticonEmoticon