Sabtu, 30 Juni 2012

Contoh RPP: Langkah-langkah Kegiatan

Oleh: Dedi Harmoko
 
Pra Pendahuluan
-          Persiapan guru (setting meja, persiapan materi, persiapan diri)
-          Persiapan kelas (tempat duduk siswa, kebersihan, ventilasi)
-          Persiapan siswa (absensi, keadaan siswa, persiapan alat tulis, persiapan diri siswa)
-          Guru mengatakan bahwa akan diadakan test pada akhir pembelajaran.
A.     Kegiatan Pendahuluan (5  menit)
            Motivasi dan Apersepsi
-          Guru membawakan sampel air got/selokan dan air sumur
§ Siswa ditanya (2), manakah yang termasuk air yang tercemar dan mana pula yang tidak tercemar.
§  Siswa ditanya (2) tentang perbedaan air tercemar dan tidak tercemar.
-          Guru membawakan sampah organik dan anorganik (kantong plastik, kertas, daun tumbuhan)
§  Siswa dipanggil (1) untuk memisahkan dan membedakan antara keduanya.
NB : Jumlah siswa yang terlibat aktif (5)

B.     Kegiatan Inti (60 menit)
1.       Guru mencatat judul Pencemaran Lingkungan Akibat Aktivitas Manusia
2.       Guru menanyakan pada siswa (3) tentang arti pencemaran.
3.       Guru menanyakan pada siswa (2) tentang arti polusi dan polutan.
4.       Guru membenarkan dan mencatat pengertian umumnya.
5.       Guru melakukan flash back perbedaan antara lingkungan alami dan tercemar seperti yang disinggung di pendahuluan.
6.       Guru menanyakan siapa siswa yang sedang sakit atau setidaknya yang pernah sakit.
7.       Guru menganalogikan siswa yang sakit sebagai lingkungan tercemar dan siswa yang sehat sebagai lingkungan alami.
8.       Guru meminta siswa (2) mengambil kesimpulan perbedaan antara lingkungan alami dan lingkungan tercemar  kemudian membenarkan jawaban siswa.
9.       Guru menanyakan pada siswa (2) tiga macam pencemaran.
10.   Guru mencatat dipapan tulis macam-macam pencemaran.
11.   Flash Card tentang pencemaran air, tanah dan udara.
-          Gambar diacak, ditaruh diatas kursi didepan kelas.
-          Siswa dipanggil (3) untuk memilih gambar mana yang termasuk pencemaran air, tanah, dan udara. Yaitu siswa yang :
§        Ribut dengan temannya
§        Siswa dibelakang
§        Terlihat mengantuk
-          Ada 3 kursi yang masing-masing untuk pencemaran (dibuat labelnya).
-          Setiap siswa memilih, ditunjukkan pada semua temannya. Dan diletakkan pada kursi yang sesuai. Kemudian yang sudah langsung kembali ke tempat duduknya.
-          Siswa lain diminta diam dan tidak memberi tahu.
-          Siswa lain (3) ditunjuk satu-satu untuk menjawab salah atau benar kemudian menjelaskan alasannya. Yaitu siswa yang :
§        Masih ribut dengan temannya
§        Siswa dibelakang
§        Masih terlihat mengantuk
-          Guru membetulkan jawaban dan mencatat di papan tulis.
12.   Siswa yang lain (3) diminta untuk mencari sumber pencemaran lain selain pada gambar.
13.   Guru membenarkan jawaban, menjelaskan akibatnya secara global dan mencatatnya.
14.   Guru membagikan artikel bergambar tentang issue lingkungan kepada 5 kelompok.
15.   Guru meminta perwakilan kelompok memberikan argumen dan solusi dari masalah tersebut.
16.   Siswa yang lain (3) diminta beragumentasi untuk penyebab masalah tersebut (dari aktivitas manusia).
17.   Guru menambahkan kekurangnya dan mencatatnya.
18.   Siswa yang lain (3) diminta untuk mencari solusi tentang masalah tersebut.
19.   Guru menambahkan solusi lain dan mencatatnya.
NB : Jumlah siswa yang terlibat aktif (24)

C.     Kegiatan Penutup (15 menit)
1.       Guru membimbing siswa merangkum materi pelajaran hari itu.
2.       Guru menguatkan arti pentingnya menjaga lingkungan.
3.       Guru memberikan tugas rumah per kelompok kerja :
Siswa diminta untuk melihat sampah-sampah yang ada dirumah mereka masing-masing.
-    Kumpulkan dan pisahkan antara sampah organik dan anorganik.
-    Masing-masing sampah dicatat dan dibuat barang daur ulang dari sampah tersebut. Sampah boleh jenis apa saja.
-    Hasil daur ulang dikumpulkan minggu depan untuk dinilai oleh Guru.

Read More

Rabu, 27 Juni 2012

Terdapat Tanah di Gurun dan di Kutub?


Oleh: Dedi Harmoko

Di daerah gurun dan kutub juga terdapat tanah. Lapisan tanah pada daerah gurun dan daerah kutub ini terdapat pada lapisan di bawahnya. Ketebalan pasir pada gurun dan es pada kutub berbeda-beda pada berbagai tempat. Gurun sebenarnya juga merupakan tanah yang berbentuk pasir melalui proses transformasi yang disebut dengan desertifikasi. Proses ini dimulai dengan tanah kehilangan penutupnya yang berupa tumbuhan atau rerumputan. Akibatnya, saat terjadi hujan atau angin kencang bagian atas tanah (top soil) akan terkikis. Peristiwanya disebut erosi. Hal ini menyebabkan tanah kehilangan lapisan suburnya tersebut. Selain itu tanah kehilangan kemampuan untuk menampung air karena air hanya lewat saja di atas permukaannya. Karena kurangnya kandungan air dan kelembapan udara sekitar maka partikel-partikel tanah dapat dengan mudah tercerai berai akibat tidak adanya molekul air sebagai pengikat partikel-partikel tanah. Ini lah yang menyebabkan bentuk tanah pada gurun berupa partikel-partikel debu yang ukurannya sangat kecil. Contoh terdapatnya tanah pada gurun adalah tumbuhan semak meskit yang tumbuh di gurun Amerika Utara. Akarnya dapat menembus tanah sampai kedalaman 12 meter. Seperti yang dinyatakan di situs ilmiah yang terkenal www.worldwatch.org, ”Proses desertifikasi dapat membuat 135 juta orang di seluruh dunia kehilangan tanahnya.”


Read More

Rumus Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Soal







Validitas

Rumus yang digunakan untuk mengetahui validitas suatu soal yaitu rumus product moment:


 

Reliabilitas

Reabilitas tes essay dihitung dengan rumus alpha, yaitu:

 

Tingkat Kesukaran
 

Keterangan:
      P          = indeks kesukaran
      B         = banyaknya siswa yang menjawab soal dengan benar
      JS        = jumlah seluruh siswa peserta tes

     
      Indeks kesukaran diklasifikasikan sebagai berikut:
                  Soal dengan P antara 0,00 sampai dengan 0,30 adalah soal sukar
                  Soal dengan P antara 0,30 sampai dengan 0,70 adalah soal sedang
                  Soal dengan P antara 0,70 sampai dengan 1,00 adalah soal mudah


Daya Pembeda




Read More